FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ikut serta dalam kegiatan pameran Salahatedu #8 pada Rabu-Sabtu (23-26/3/2022). Acara dilaksanakan secara luring di Wisma Seni, Taman Budaya Jawa Tengah.

Hatedu merupakan akronim dari Hari Teater Dunia yang menjadi ruang untuk beraktivitas kreatif bagi generasi muda. Tema yang diusung pada tahun ini yakni “Menyalakan Api Pikiran” dengan misi menggugah kembali percik-percik pemikiran bagaimana kelompok-kelompok teater kembali eksis, mampu bersikap, dan menjadi profesional dengan karya-karya yang digarap secara serius, tidak hanya untuk menggugurkan program kerja atau hanya sekadar pentas.

Dalam kesempatan ini, UKM UPKD FKIP UNS ikut berkontribusi dengan menampilkan salah satu kesenian yang ada di UPKD yakni ketoprak menggunakan media foto. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Arizal Mulyandika selaku ketua UKM UPKD.

“Dalam Festival Hatedu kemarin, UPKD merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang kesenian teater, tepatnya teater jawa atau ketoprak. Kami ikut memeriahkan festival Hatedu dengan mendirikan stan pameran kelompok teater. Di sana, UPKD menampilkan kegiatan-kegiatan yang ada di UPKD, salah satunya ketoprak. Kegiatan tersebut kami kemas dengan media foto, sehingga pengunjung dapat melihat kegiatan yang kami lakukan melalui foto tersebut,” kata Arizal ketika diwawancarai tim fkip.uns.ac.id pada Minggu (27/3/2022).

Tidak hanya kesenian ketoprak, UPKD juga bergerak di bidang seni karawitan dan tari.

Ketika diwawancarai, Arizal menyampaikan bahwa mereka diundang oleh pihak panitia Salahatedu untuk mengikuti festival tersebut. Setelah berdiskusi, mereka sepakat untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan tujuan memeriahkan Hari Teater Dunia.

“Tujuan kami mengikuti Hatedu antara lain ingin berkontribusi untuk memeriahkan Hari Teater Dunia, ingin mempromosikan UKM kami ke masyarakat, dan menambah relasi dengan kelompok teater lainnya,” jelas Arizal.

Bersepakat mengikuti festival tersebut, Arizal dan tim UPKD mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sebelum festival berlangsung. Kemudian, mereka menghias stan yang tersedia menggunakan lampu, foto, dan beberapa ornamen lainnya.

Di akhir, Arizal mewakili UKM UPKD menyampaikan harapannya terhadap Festival Salahatedu #8.

“UPKD berharap acara seperti ini bisa diadakan terus setiap tahunnya karena menurut kami, acara seperti ini menjadi ajang untuk mengapresiasi tokoh-tokoh atau kelompok-kelompok seni, khususnya di bidang teater. Meskipun tidak semua orang memahami bidang tersebut, tetapi bagi orang-orang tertentu acara seperti ini sangat berarti. Maka dari itu, kami berharap acara ini rutin dilaksanakan untuk melahirkan talenta-talenta baru setiap tahunnya,” pungkas Arizal.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa