FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi (Himadiksan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial dengan tema “Ramadan Ceria”. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Yatim Duafa Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bina Umat Kratonan, Serengan, Surakarta pada Jumat (22/4/2022).

Ricky Erlangga selaku Ketua Himadiksan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepekaan sosial mahasiswa dan memberikan semangat kepada anak-anak panti asuhan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kepekaan sosial mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP UNS yang mana disiplin ilmu ini memusatkan kajiannya pada manusia dan budaya. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada mereka anak-anak panti asuhan yang sebagian dari mereka adalah anak yatim,” jelasnya.

Kegiatan yang melibatkan prodi, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sosiologi Antropologi, pengurus Himadiksan, donatur, anak-anak panti dan Taman Pendidikan Alquran (TPA), serta pengurus panti asuhan ini diisi dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Adapun, kegiatan yang dilakukan antara lain permainan mewarnai, permainan tebakan, ice breaking, buka bersama, salat Magrib, penutupan, dokumentasi, dan pemberian santunan hasil donasi.

“Ramadan ceria diawali dengan mengajak anak-anak untuk bermain game yang mengasah kreativitas dan kecerdasan. Pertama, anak-anak secara berkelompok mewarnai salah satu gambar yang telah disiapkan. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kreativitas mereka dalam memadukan warna dan melatih kerja sama tim. Kedua, game yang mengasah kecerdasan. Game ini berupa memberikan tebak-tebakan terkait pengetahuan umum, seputar agama Islam, dan game whisper atau tebak kata. Setelah itu, anak-anak dan para pengurus melakukan ice breaking berupa tepuk anak saleh, tepuk wudu, dan belajar bahasa Arab. Beberapa anak mengajukan diri untuk memimpin teman-temannya dalam pelaksanaan ice breaking. Hal ini sangat positif untuk melatih keberanian bersosial, berbuat baik, dan melatih public speaking anak-anak sejak dini. Kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama. Kemudian kami melaksanakan salat Magrib berjamaah, penutupan, dokumentasi, dan pemberian santunan hasil donasi,” terangnya.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Ricky berharap terbentuknya sikap sosial yang inklusif terhadap sesama dalam diri mahasiswa, seperti kepekaan sosial mahasiswa sebagai agent of change dan agent of value, meningkatkan simpati dan empati, menghadirkan ide positif, dan berbagi kebahagiaan.

“Terbentuknya sikap sosial yang inklusif terhadap sesama. Sebagai mahasiswa yang fokus studinya adalah disiplin ilmu sosial humaniora, diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa sebagai agent of change dan agent of value, meningkatkan simpati dan empati, selalu menghadirkan ide untuk membawa perubahan ke arah yang positif dan berbagi kebahagiaan dengan sesama,” ungkapnya.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa