FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Perkantoran (Himadistra) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Webinar Pelatihan Public Speaking pada Minggu (17/4/2022). Bertemakan “Presentasi and Public Speaking for Job Speaker”, webinar digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS menjelaskan bahwa pelatihan public speaking guna mempersiapkan diri di dunia kerja ini dapat mendukung salah satu indikator kinerja utama (IKU). Adapun indikator tersebut adalah banyaknya lulusan mahasiswa yang terserap dalam dunia industri.

“Kita ketahui bersama bahwa sekarang untuk penilaian suatu kinerja di perguruan tinggi, salah satu indikatornya adalah capaian indikator kinerja utama atau IKU. Ada delapan indikator kinerja utama yang digunakan untuk mengukur kinerja perguruan tinggi. Salah satu indikatornya adalah berapa banyak mahasiswa yang lulus itu sudah bekerja. Jadi, dalam kurun waku 6 bulan setelah lulus bisa terserap dalam dunia industri dan upahnya di atas UMR. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat mendukung pencapaian IKU,” jelas Prof. Slamet.

Webinar ini menghadirkan satu narasumber, yaitu Nenden Siti Rochmah. Ia merupakan Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tahun 2021. Selain itu, ia juga merupakan Brand Ambassador Zoya dan Emina. Dalam pemaparannya, ia memaparkan materi bertajuk “Public Speaking”. Ia menjelaskan materi mulai dari pengertian, urgensi, dasar, hingga sikap dalam public speaking.

Dalam kesempatan tersebut, Nenden menjelaskan 3 poin pentingnya public speaking. Menurutnya, melalui public speaking kita dapat memperoleh banyak manfaat positif.

“Mengapa public speaking itu penting? Karena melalui public speaking kita dapat memperoleh manfaat positif yang begitu banyak, diantaranya untuk mempermudah di dunia karir. Public speaking juga dapat memperluas relasi atau networking karena kita mempelajari bagaimana berkomunikasi yang baik serta kita bisa berbicara dengan baik di depan umum yang membuat orang lain akan menilai lebih diri kita. Selain itu, public speaking juga dapat meningkatkan kepercayaan diri,” jelas Nenden.

Pada akhir pemaparan, Nenden turut menjelaskan 3 sikap yang harus diterapkan dalam melakukan public speaking. Ketiga sikap tersebut adalah ramah dan senyum, tidak menyinggung perasaan orang lain, serta mau menerima kritik.

Attitude atau sikap juga merupakan hal penting yang harus dimiliki sebelum melakukan public speaking. Ada tiga attitude yang harus diterapkan dalam melakukan public speaking, yaitu harus ramah dan banyak senyum, tidak menyinggung perasaan orang lain, serta mau menerima kritik” pungkas Nenden.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi.

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa