FKIP – Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Sambut Mahasiswa Baru (Samaru) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) pada Minggu (17/4/2022). Bertemakan “Kenal Dekat Antar Mahasiswa Baru dan Dunia Kampus”, kegiatan tersebut digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan samaru ini merupakan program kerja pertama yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (Kompresi) FKIP UNS. Ditemui tim fkip.uns.ac.id pada Selasa (26/4/2022), Ramanda Ridho Barokah selaku Ketua Umum Kompresi FKIP UNS mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru jalur SNMPTN dan memberikan gambaran kepada mereka mengenai dunia kampus, khususnya di PTM FKIP UNS.

“Kegiatan samaru atau sambut mahasiswa baru ini merupakan salah satu program kerja Kompresi yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru. Nah, untuk samaru kali ini dilakukan kepada mahasiswa baru PTM jalur SNMPTN tahun 2022. Selain untuk menyambut mereka, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan gambaran mengenai kehidupan perkuliahan dan dunia kampus utamanya di PTM FKIP UNS,” jelas Ramanda.

Kagiatan dibuka dengan sesi perkenalan, baik antar mahasiswa baru maupun dengan dosen PTM FKIP UNS dan pengurus Kompresi FKIP UNS. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ketua umum Kompresi, Ramanda. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan kehidupan kampus baik di tingkat universitas, fakultas, maupun di prodi PTM UNS. Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi tersebut, mahasiswa baru diberi kesempatan untuk bertanya mengenai kehidupan kampus dan sejenisnya.

Ramanda berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk saling mengenal lingkungan dan civitas akademika di UNS. Ia turut berharap kegiatan ini menjadi wadah untuk memotivasi mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi.

“Kami berharap adanya kegiatan samaru ini akan menjadikan mahasiswa baru, khususnya di PTM FKIP UNS, dapat mengenal satu sama lain dan juga mengenal dunia kampus terutama di JPTK dan PTM FKIP UNS. Kami juga berharap dengan kegiatan ini, mahasiswa baru mendapatkan gambaran dalam perkuliahan dan semakin termotivasi untuk menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi di perkuliahan maupun kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan,” harap Ramanda.

Pada akhir sesi wawancara Ramanda berpesan kepada mahasiswa baru untuk menjaga semangatnya dalam berproses dan menjalin hubungan yang baik antar sivitas akademika di UNS. Ia juga berpesan agar mahasiswa baru berani mencari apa yang membuatnya menjadi luar biasa.

“Tetap semangat untuk berproses dan jalinlah tali silaturahmi, kekeluargaan, serta solidaritas yang kuat antar mahasiswa maupun sivitas akademika di UNS nantinya. Jangan jadi mahasiswa yang biasa, tapi cari dan temukan apa yang dapat membuat kalian menjadi luar biasa,” pesan Ramanda

HUMAS FKIP

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa