FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi (HIMAPAKSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng Desa Kwadungan, Kecamatan Jero, Karanganyar sebagai desa binaan yang diberi nama “Desa Cerdas”.

Desa Kwadungan dihuni oleh masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, dan karyawan swasta. Desa ini memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat dioptimalkan.

Kus Indrani Listyoningrum selaku ketua dalam program ini menyampaikan alasannya memilih Desa Kwadungan sebagai mitra desa binaan.

“Alasan kami memilih Desa Kwadungan dikarenakan desa ini memiliki sumber daya manusia yang aktif, ingin belajar, dan ingin berkembang. Selain itu, masyarakat di sini juga tergolong melek terhadap UMKM. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya usaha kecil sangkar burung dan juga pedagang-pedagang lainnya,” jelas Indrani pada Selasa (12/3/2022).

Selama proses observasi, Himapaksi menemukan beberapa masalah di Desa Kwadungan, mulai dari pendidikan hingga ekonomi.

“Namun, kami menemukan beberapa masalah, di antaranya kerendahan intelektual anak-anak hingga remaja desa, terdapat TK yang kekurangan tenaga pendidik, dan masyarakat yang melaksanakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) masih kurang mengetahui dan memahami mengenai literasi keuangan,” kata Indrani.

Program kerja yang dilaksanakan oleh Himapaksi mengusung tema “Peningkatan Pendidikan Informal Maupun Pendidikan Formal Serta Berfokus Pada Literasi Keuangan”.

Dari tema tersebut, terdapat 5 program kerja yang ditawarkan, yakni Pojok Wawasan, Rumah Jarlistung, Marigera, Literasi Keuangan, dan Menabung Hobiku.

Hal yang menarik di Desa Kwadungan yakni beberapa masyarakat Desa Kwadungan memiliki usaha pembuatan sangkar burung yang sudah diperjualbelikan di dalam kota hingga ke luar kota.

Dalam pelaksanaannya, Himapaksi bekerja sama dengan karang taruna dan PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Kwadungan, sekolah dasar dan taman kanak-kanak, serta TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) agar program kerja yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa