FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (Kimia Kovalen) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Klub Karya Ilmiah #1 pada Minggu (24/4/2022). Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kovalen UNS.

Klub Karya Ilmiah #1 merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan menambah wawasan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia FKIP UNS seputar karya ilmiah. Harapan dari kegiatan ini yakni dapat menyalurkan kemampuan menulis dalam kegiatan karya ilmiah.

Klub Karya Ilmiah #1 mengusung tema “Don’t Waste Your Time, Let’s Write to Win”. Pada sesi ini dibahas mengenai esai dan karya tulis ilmiah.

Klub Karya Ilmiah #1 mendatangkan Nurlaila Sahara Worobay, S.Pd. sebagai pemateri. Ia merupakan alumnus Prodi Pendidikan Kimia angkatan 2016 yang memiliki minat penelitian di bidang green chemistry.

Di awal pemaparan, Laila menjelaskan mengenai definisi dari karya ilmiah yang menurutnya merupakan karya berdasarkan permasalahan sekitar dengan solusi menggunakan metode ilmiah.

“Karya ilmiah adalah sebuah karya yang dasarnya berdasarkan permasalahan yang ada di sekitar kita, yang solusinya berdasarkan metode ilmiah,” jelas Nurlaila.

Nurlaila menyampaikan bahwa karya ilmiah dibagi menjadi tiga, yakni karya tulis ilmiah, esai, dan artikel ilmiah. Masing-masing dijelaskan oleh Nurlaila dengan disertai contoh yang benar.

Kemudian, Nurlaila memberikan tips memilih judul yang unik, menarik, dan mewakili karya yang ingin dipaparkan.

“Jadi, dalam sebuah judul, teman-teman perlu memberikan nuansa baru atau memberikan sesuatu yang unik. Nama produk teman-teman perlu kalian highlight, unik, simple, padat, dan harus menggambarkan secara keseluruhan terkait produk teman-teman,” kata Nurlaila.

Selain menjelaskan mengenai pemilihan judul yang baik, Nurlaila juga menjelaskan mengenai kesalahan-kesalahan secara umum yang sering dilakukan ketika menulis karya ilmiah.

Selanjutnya, Nurlaila memberikan tips ketika mengikuti perlombaan karya ilmiah. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab sebanyak satu termin dan foto bersama.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa