FKIP – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia (Kovalen) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan Bakti Sosial Kovalen Care X pada Sabtu (14/5/2022). Kegiatan berlangsung secara luring di Desa Jabung, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial mahasiswa Pendidikan Kimia terhadap masyarakat atas meningkatnya bahan pokok di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai. Hal ini disampaikan oleh Yoga Prasetyo Pamungkas selaku ketua pelaksana.

“Saat ini bahan pokok mengalami peningkatan yang membebani masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah maupun pedesaan. Ini juga terjadi pada masyarakat Desa Jabung yang hanya mengandalkan penghasilan dari mata pencahariannya sebagai petani dan konveksi pakaian. Maka dari itu, kami mengadakan Bakti Sosial Kovalen Care X sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kami untuk memberikan manfaat terhadap masyarakat,” jelas Yoga ketika diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id pada Senin (16/5/2022).

Acara ini mengusung tema “Tebarkan Kepedulian, Ciptakan Kebersamaan”. Serangkaian kegiatan yang terselenggara yakni sosialisasi, pembagian pakaian dan sembako gratis, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), dan lomba TPA. Kegiatan dihadiri oleh warga desa dan anak-anak.

“Sosialisasi yang kami selenggarakan memiliki subtema ‘Pelatihan Pembuatan Arang Aktif dari Sekam Padi dan Pemanfaatannya Untuk Penjernihan Minyak Jelantah Sebagai Bekal Wirausaha Masyarakat Desa Jabung, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen”. Pembicaranya Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M. Si; Dr. Muhammad Hizbul Wathon, M. Sc; Dr. rer. nat. Wirawan Ciptonugroho S. T, M. S; dan Dr. Ari Syahidul Shidiq, S. Pd, M. Pd.,” kata Yoga.

Terselenggaranya acara ini disertai dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat setempat, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, meningkatkan solidaritas antarmahasiswa, dan menjalin hubungan baik antara mahasiswa dengan masyarakat.

Di akhir, Yoga menyampaikan harapan atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial ini. Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan jiwa sosial dan rasa peduli terhadap sesama.

“Diharapkan dapat meningkatkan jiwa sosial dan rasa kepedulian terhadap sesama. Selain itu juga diharapkan dapat sedikit meringankan beban masyarakat. Dengan semangat kami yang ingin mengabdi kepada masyarakat, bakti sosial ini merupakan suatu bentuk bantuan yang kami jalankan semaksimal kemampuan kami,” pungkas Yoga.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa