FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kajian Muslimah dengan tema “Be Istiqomah After Ramadhan!” secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat (20/5/2022).

Kajian Muslimah ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mempertahankan keistikamahan dalam beribadah setelah bulan Ramadan berlalu.

Kajian ini menghadirkan narasumber Ustazah Deni Maulida, S.Tp. selaku waka kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Baitul Qur’an dan bagian dari Rumah Keluarga Indonesia (RKI), Gondang, Sragen.

Di awal pemaparan, Ustazah Deni memaparkan pengertian dari istikamah. Ia mengungkapkan menurut istilah, istikamah adalah sikap teguh dan konsisten.

“Istikamah menurut istilah adalah sikap teguh dan konsisten dalam mempertahankan keimanan dan keislaman sekalipun menghadapi berbagai tantangan, godaan, dan ancaman,” tutur Ustazah Deni.

Selanjutnya, Ustazah Deni memberikan tips yang dapat dilakukan setelah bulan Ramadan agar tetap istikamah.

“Apa yang seharusnya kita lakukan setelah Ramadan? Pertama, mari melanjutkan amaliyah Ramadan. Kedua, mari mengabadikan semangat dan hikmah Ramadan. Ketiga, mewujudkan karakter takwa dalam diri kita,” ajak Ustazah Deni.

Berikutnya, Ustazah Deni menjelaskan jika hal yang dirindukan dari bulan Ramadan yakni ibadah.

“Yang kita kangeni di bulan Ramadan itu bukan agenda buka bersamanya, tapi ibadahnya. Kita kangen puasa, tilawah, tarawih, tahajud, atau ibadah lain yang tidak ada di bulan lainnya,” jelas Ustazah Deni.

Kajian berlanjut dengan ajakan Ustazah Deni untuk melakukan renungan. Ustazah Deni juga menyamampaikan cara istikamah setelah Ramadan.

“Cara istikamah setelah Ramadan yang pertama, biasakan qiyamul lail, sabar, ikhlas dan berserah diri, ingat kematian, tilawah, ingat perjuanggan Rasul, tetap berpuasa, tetap beramal dan bersedekah, bahagia dan jangan zalim, dan berkumpul dengan safe circle,” kata Ustazah Deni.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan closing statement dari pembicara. Menurutnya istikamah itu berat, tapi akan lebih berat kalau tidak dijalankan di dunia.

“Sekali lagi ini adalah lingkaran ternyaman yang Allah berikan kepada kita. Setiap kali ada undangan kajian materi apapun itu, tekadkan diri kita untuk senantiasa seperti gelas kosong yang haus akan ilmu. Siapkan diri kita untuk senantiasa mendapatkan ilmu. Istikamah itu berat, tapi akan lebih berat kalau tidak kita jalankan di dunia,” pungkas Ustazah Deni.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns