FKIP – Unit Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sosialisasi kegiatan Final Raya Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FKIP dan pembentukan Keluarga Alumni Mahasiswa Berprestasi (Kamapres) FKIP. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara daring pada Sabtu (30/4/2022). Kegiatan ini diisi oleh Mawapres 2 FKIP UNS 2021, Dji Hanaft; Mawapres 6 FKIP UNS 2021, Rizky Wahyu Perdana; dan dipandu oleh Mawapres 4 FKIP UNS, Zalfaa Azalia Pursita. Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Unit Prestasi FKIP UNS, Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.

Kegaiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka penyiapan finalis Mawapres pada Final Raya Mawapres FKIP, serta penyiapan pembentukan Kamapres FKIP UNS. Dr. Septi menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Final Raya Pilmapres FKIP dan penjaringan dua mahasiswa terbaik FKIP yang akan berkompetisi di Pilmapres tingkat universitas.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk menyiapkan para finalis mengenai sistematika grand final dan sosiaisasi pembentukan Keluarga Alumni Mahasiswa Berprestasi FKIP UNS. Pembentukan Kamapres FKIP ini ditujukan untuk membina mahasiswa agar memiliki motivasi berprestasi, baik prestasi nasional ataupun internasional,” papar Dr. Septi.

Kemudian, materi seputar Final Raya Pilmapres disampaikan oleh Dji Hanafit. Dji Hanafit menyampaikan hal-hal yang perlu disiapkan finalis untuk acara final raya, meliputi sepuluh Capaian Unggulan (CU) dan gagasan kreatif.

“Finalis meyiapkan dan mengumpulkan berkas capaian unggulan sejumlah sepuluh prestasi terbaik, serta menyiapkan gagasan kreatif. Gagasa kreatif dibuat dengan karakteristik SMART, yakni specific, measurable, acceptable, realistic, dan time bound. Komposisi penilain pada grand final meliputi nilai capaian unggulan sebesar 60% dan gagasan kreatif sebesar 40%,” papar Dji.

Selanjutnya, materi kedua mengenai pembentukan Kamapres FKIP yang disampaikan oleh Rizky Wahyu Perdana. Rizky menyampaikan bahwa pembentukan Kamapres FKIP ini dimaksudkan untuk melakukan pembinaan bagi mahasiswa FKIP dalam peraihan prestasi, baik prestasi nasional maupun internasional. Selain itu, juga terdapat bidang seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan kewirausahaan.

“Pembentukan Kamapres FKIP UNS ini menjadi wadah bagi mahasiswa FKIP untuk menumbuhkan kemampuannya di bidang tertentu, seperti penalaran, keilmiahan, wicara publik, dan sebagainya. Kamapres FKIP UNS ini dibagi dalam lima bidang, yakni prestasi nasional, internasional, PKM, minat dan bakat, serta MBKM dan kewirausahaan,” jelas Rizky.

HUMAS FKIP

Jurnalis: Akhmad Mukhibun
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa