FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kajian Islam Rutin (KAISAR) #1 secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (28/5/2022).

Kajian dibuka secara langsung oleh ketua SKI FKIP UNS, yakni Andika Satria Yoga Suharno. Dalam sambutannya, Yoga mengatakan jika kuliah dan ibadah merupakan prioritas yang seharusnya seimbang.

“Semoga dengan dipertemukannya kita di dalam ruang Zoom ini tidak melunturkan semangat kita untuk menuntut ilmu, khususnya untuk mengetahui bagaimana kualitas kita dalam meningkatkan ibadah dan kondisi perkuliahan kita. Mungkin ini sesuatu yang dua-duanya prioritas tapi kadang kurang seimbang atau mungkin terlalu condong di salah satunya,” tutur Andika.

Kajian ini mengusung tema “Kuliah VS Ibadah: Sudah Seimbangkah?” dengan menghadirkan narasumber Hafis Muzakir, S.S. selaku guru bahasa Arab dan pengajar Alquran di RK Solo.

“Perihal tema ibadah dan kuliah apakah sudah sesuai atau tidak, maka kita harus ketahui dan pahami betul apa itu ibadah,” kata Hafis di awal pemaparannya.

Hafis menjelaskan jika ibadah merupakan suatu istilah yang mencakup atas segala sesuatu hal apapun yang dilakukan dan hal itu dicintai serta diridai Tuhan.

Menurut Hafis, ada aturan yang harus ditaati dan dipatuhi ketika seseorang beribadah.

“Sebagaimana kita kalau ingin beribadah kepada Allah, yang pertama kita harus mengilmui dulu ibadah apa yang Allah cintai dan Allah syariatkan, baik yang sifatnya wajib, makruh, atau mubah. Jangan sampai kita masuk ke dalam perbuatan yang haram,” jelas Hafis.

Kemudian, Hafis menjelaskan seimbang atau tidaknya antara kuliah dan ibadah harus dilihat dari kualitas ibadah yang dilakukan dan kualitas belajar atau kuliah.

Hafis juga mengimbau agar selalu meniatkan segala sesuatu yang akan dilakukan hanya ditujukan kepada Tuhan.

“Satu hal lagi, kita harus melakukan apapun itu, kita niatkan ibadah hanya kepada Allah,” imbau Hafis.

Kegiatan diakhiri dengan sesi dokumentasi dan closing statement berupa simpulan isi kajian dari pembicara.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns