FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan TPA (Taman Pendidikan Qur’an) is Back selama 9 bulan, yakni bulan Maret sampai November. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Barakah Mertoudan, RT 2 RW 9 Mojosongo, Jebres, Surakarta.

TPA is Back merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program kerja SKI FKIP UNS, yakni “Semarak Dusbin”.

TPA is Back diselenggarakan dengan tujuan membentuk generasi muda yang sholeh dan sholehah serta berakhlak mulia. Hal ini disampaikan oleh Ibnu Romadlon selaku Kepala Bidang Sosial Eksternal SKI FKIP UNS.

“TPA is Back mempunyai tujuan yaitu membentuk generasi muda yang sholeh, sholehah, berakhlak mulia, aktif, dan berwawasan luas serta menambah pemahaman Islam lebih dalam untuk meningkatkan keimanan,” jelas Ibnu ketika diwawancarai oleh tim fkip.uns.ac.id pada Senin (6/6/2022).

Selanjutnya, Ibnu menyampaikan jika TPA is Back diikuti oleh anak-anak dan pemuda-pemudi yang ada di dusun binaan tersebut.

“Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak dan pemuda-pemudi di dusun binaan,” kata Ibnu.

Selama 9 bulan, beragam kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan program kerja ini. Kegiatan tersebut antara lain membaca dan menulis Iqra, mewarnai, mendongeng, outbond, dan buka bersama ketika bulan Ramadan.

“Kegiatan di TPA is Back antara lain membaca dan menulis Iqra, mewarnai, mendongeng, outbond, dan ketika bulan puasa diadakan buka bersama,” tutur Ibnu.

Di akhir, Ibnu mengutarakan harapan atas terselenggaranya kegiatan TPA is Back. Ia berharap adanya kegiatan ini dapat membentuk mahasiswa yang peduli terhadap sesama dan dapat menjalin hubungan yang erat dengan masyarakat dusbin (dusun binaan).

“Harapan dari dilaksanakan TPA is Back ini yaitu terbentuknya mahasiswa yang peduli terhadap sesama dan menebar kebermanfaatan kepada masyarakat sekitar serta terjalinnya hubungan yang erat antara masyarakat dusbin dengan mahasiswa UNS khususnya anggota SKI FKIP UNS. Dengan kegiatan TPA is Back juga diharapkan dapat memunculkan pengajar-pengajar penerus di TPA tersebut. Selain itu, harapan kami dengan adanya kegiatan ini mampu menjadikan generasi muda Islam masa kini, menjadi generasi yang berakhlak Islami dan berjiwa Qurani melalui pengajaran nilai-nilai Islam dan Al Quran yang diajarkan pada saat kegiatan mengajar TPA,” pungkas Ibnu.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns