FKIP – Pusat Prestasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Berprestasi (Kamapres) FKIP UNS menyelenggarakan Webinar Kelas Prestasi 2 pada Sabtu (11/6/2022). Mengusung tema “Berprestasi dalam Kompetisi Desain Poster”, webinar digelar secara daring melalui Zoom Meeting.

Pembukaan disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS yang diwakilkan oleh Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. Ia menyampaikan bahwa fakultas selalu memberikan dukungan penuh pada seluruh mahasiswa agar terus semangat meraih capaian prestasi.

“Pada kesempatan kali ini, Prof. Slamet belum dapat bergabung karena ada agenda lain yang diselenggarakan secara bersamaan. Namun, Prof. Slamet menitipkan pesan untuk terus bersemangat mengembangkan minat dan bakat masing-masing serta semangat berprestasi. Wakil Dekan bidang akademik dan fakultas senantiasa memberikan dukungan penuh pada kita agar terus semangat meraih capaian prestasi,” ujar Dr. Septi.

Dimoderatori oleh Arini Nurfadilah selaku Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 3 FKIP UNS 2021, acara ini menghadirkan seorang narasumber Mawapres 5, Yokanang Candra Arfiansyah, dari Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS. Ia telah memenangkan beberapa perlombaan desain poster, di antaranya juara 1 OHS Week Poster Competition, juara 2 i-Challenge Poster Competition Teknik Kimia Universitas Brawijaya, dan juara 3 lomba poster bulan K3 KMK3 UNNES.

Pada sesi pemaparan, Yokanang memaparkan materi bertajuk “Berprestasi dalam Kompetisi Desain Poster”. Yokanang menjelaskan bahwa poster ilmiah merupakan poster yang ditujukan untuk hal-hal bertemakan pendidikan atau riset sebagai media untuk mengomunikasikan hasil riset yang telah dilakukan.

Cara merancang poster ilmiah agar makin berdampak yakni dengan membuat kerangka ilmah yang kuat dan membuat desain yang menarik. Kemudian, Yokanang menjelaskan tahap perancangan poster ilmiah, yakni brainstorming, research it, and design it.

“Tahapan perancangan poster ilmiah yang pertama brainstorming. Teman-teman bisa cari-cari di internet atau di mana saja. Kedua, research it! Teman-teman bisa melakukan research dari penelitian-penelitian. Selanjutnya, teman-teman bisa mulai mendesain,” papar Yokanang.

Pemaparan berlanjut membahas desain grafis, yaitu bentuk komunikasi visual yang menggunakan elemen-elemen serta prinsip dalam penyampaian informasi atau pesan. Yokanang juga memaparkan alasan mengapa desain grafis penting.

“Desain grafis itu penting karena di kehidupan membawa dan membentuk semacam dunia baru dalam pola pikir, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan cara yang baru. Kedua, disadari atau tidak desain grafis telah berhasil menjawab tantangan perubahan peradaban dan telah berhasil menyajikan berbagai informasi-informasi edukatif yang luas dari berbagai aspek,” jelas Yokanang.

Di tengah pemaparan, Prof. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Keahasiswaan menyapa audiens dengan memberikan semangat.

“Selamat berkarya, selamat berprestasi. Sukses selalu!” ucap Prof. Slamet.

Kemudian, Yokanang menjelaskan peran penting desain grafis di era digital, Jenis-jenis desain grafis, tren desain, bitmap vs vector, dan aplikasi desain grafis yang meliputi adobe photoshop, corel draw, adobe illustrator, inkscape, dan canva.

Usai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan aplikasi corel draw, sesi tanya jawab dan diakhiri dengan closing statement dari narasumber serta dokumentasi bersama.

“Cari role model kalian, cari lawan kalian. Cari sesuatu yang bisa memantik jiwa kompetisi dalam diri. Perlu ditanamkan dalam diri, tujuan yang utama. Lawan itu penting, karena itu yang akan menuntun teman-teman menuju lingkungan prestasi,” pungkas Yokanang.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus