FKIP– Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Himannomi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar SOCARE (Social Awareness) yang bertema Quarter Life Crisis: Clear Your Doubts, Get Your Future. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (18/6/2022).

SOCARE singkatan dari Social Awareness merupakan kegiatan webinar yang memiliki tujuan untuk menyalurkan pengetahuan dan membahas seputar isu-isu sosial, seperti kesehatan mental, kemanusiaan, dan sebagainya kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

Acara yang dimoderatori Meirida Kartika Jati ini menghadirkan Ade Meilasari, M.PSi, Psikolog sebagai pembicara. Ade memaparkan materi tentang menghadapi krisis 1/4 tahun kehidupan, yakni peralihan dari masa remaja menuju masa dewasa awal. Adapun perkembangan dewasa awal tersebut seperti mulai bekerja, memilih pasangan, memulai membina keluarga, mengasuh anak, mengambil tanggung jawab sebagai warga negara, dan mencari kelompok sosial yang menyenangkan.

“Quarter life crisis sebenarnya adalah transisi dari satu tahapan ke tahapan perkembangan kita yang lain. Nah, karena quarter life crisis ini adanya di masa remaja hingga dewasa awal, maka hal itu berkaitan dengan tugas-tugas perkembangan yang akan kita hadapi di fase selanjutnya,” paparnya.

Selain itu, Ade juga menjelaskan bagaimana cara mengelola krisis yang disadari tersebut dengan tiga prinsip sederhana, yakni sadari, terima, dan kelola. Sadari ini terkait dengan self awareness atau kesadaran akan diri sendiri mengenai kelebihan, bakat, latar belakang pendidikan, kesempatan yang ada di lingkungan, organisasi, kebiasaan buruk, kelemahan diri, hambatan, hingga ketakutan yang dimiliki. Terima artinya menerima kelebihan dan kelemahan yang dimiliki dengan menentukan tujuan, membuat prioritas, mencari informasi yang valid, dan mengapresiasi setiap proses dan pencapaian yang telah diusahakan. Kelola berarti action atau perilaku yang dilakukan.

“Cara kita mengelola atau how to cope with quarter life crisis? Yaitu dengan tiga prinsip sederhana ini, sadari, terima, dan kelola,” jelasnya.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa