FKIP – Unit Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Kewirausahaan tentang Strategi Merancang dan Mengembangkan Wirausaha Mahasiswa di Era Digital pada Senin (27/6/2022) secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan implementasi tri dharma perguruan tinggi dalam pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, mendukung Sistem Pemeringkatan Manajemen Kemahasiswaan (SIMKATMAWA), dan menumbuhkan keterampilan berwirausaha mahasiswa UNS.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari UNS, yaitu Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B., selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) UNS dan Antonius Irawan Eko S, S.E. selaku CEO Solutindo Tech.

Kegiatan diawali dengan sambutan Ketua Panitia, Abdul Haris Setiawan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama unit kemahasiswaan FKIP UNS dan dukungan pimpinan FKIP UNS. Kegiatan ini juga menyediakan stimulan dana bagi pengembangan wirausaha mahasiswa.

“Disamping kami mendatangkan pakar kewirausahaan dan bisnis, yaitu Ibu Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B., dan Bapak Antonius Irawan Eko S, S.E. Setelah ini, mahasiswa UNS yang berhasil lolos dalam pengusulan ide kewirausahaan akan mendapat stimulan dana sebesar 5 – 7 juta dari universitas,” terang Abdul Harris, Ph.D

Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS, dalam sambutannya menyampaikan bahwa fakultas menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan lokakarya ini, karena dapat menjadikan mahasiswa memiliki jiwa entrepreneurship dan mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS.

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan workshop ini karena mampu menginisiasi kepada mahasiswa untuk bisa mempersiapkan dan memulai usaha sejak dini sehingga nanti ketika sudah lulus bisa benar-benar siap memulai dan membesarkan usaha yang lebih besar lagi. Kegiatan ini juga membantu dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) universitas, serta dapat mencetak mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship dengan skills atau keterampilan unggul,” tutur Dr. Mardiyana.

Selanjutnya, Dr. Mardiyana, M.Si., juga menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini diharapkan dapat menjadi fasilitas bagi mahasiswa yang memiliki jiwa atau bakat kewirausahaan untuk dapat mengembangkan dan membantu mewujudkan usaha yang lebih besar sesuai dengan bidangnya.

Berikutnya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si., selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan workshop kewirausahaan sangat bagus untuk mendorong mahasiswa menjadi mandiri.

“Kegiatan workshop kewirausahaan sangat bagus untuk mendorong mahasiswa menjadi sosok yang entrepreneurship mandiri yang memiliki skill atau keterampilan yang unggul. Maka, diharapkan mahasiswa dapat mencoba, memulai dan ikut bergabung sehingga memperoleh pendampingan dan bimbingan dalam menjalankan usahanya,” terang Prof. Slamet.

Kegiatan berikutnya adalah pemaparan pelatihan dari narasumber Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B., selaku Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) UNS dan Antonius Irawan Eko S, S.E. selaku CEO Cipta Solutindo Tech. Kegiatan dipandu oleh Abdul Haris Setiawan, S. Pd., M.Pd., Ph.D selaku moderator.

HUMAS FKIP
Reporter: Akhmad Mukhibun
Editor: Aulia Anjani

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns