FKIP – Pelatihan pertama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Training Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmadika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membahas tentang bab 1 dan 2 proposal PKM. Acara ini menghadirkan Iksan Riva Nanda sebagai pemateri dan dipandu oleh Citra Tiara Ningati pada Minggu (3/7/2022).

Dalam pemaparannya, Iksan Riva Nanda membagi materinya menjadi dua bahasan, yakni sistematika penulisan proposal PKM yang baik dan benar dan penulisan bab 1 dan 2 proposal PKM yang baik dan benar. Dalam menentukan judul, ia menjelaskan bahwa judul PKM tidak boleh menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata.

Kemudian dalam penulisan proposal, ia menjelaskan bahwa proposal ditulis dengan menggunakan tipe huruf Times New Roman ukuran 12, teks menggunakan jarak baris 1,15 spasi dan perataan teks menggunakan rata kiri dan kanan, Layout menggunakan kertas A-4, satu kolom, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Ia juga menyarankan mahasiswa untuk mengakses buku pedoman PKM melalui link uns.id/BUKPEDJUKNISPKM22 dan contoh proposal lolos pendanaan UNS melalui link uns.id/CONTOHPROPOSALPKM dengan menggunakan akun sso.

Selanjutnya terkait isian kelengkapan dapat dientrikan secara langsung pada simbelmawa.kemdikbud.go.id dengan validasi oleh dosen pendamping dan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan. Isian kelengkapan sampul meliputi judul PKM, jenis PKM, nama dan nomor induk tim mahasiswa, asal perguruan tinggi pengusul, dan tahun usulan.

Di akhir sesi, ia berharap kepada peserta untuk mempelajari lebih lanjut buku pedoman yang sudah ada, karena menurutnya dalam membuat proposal perlu menyesuaikan petunjuk atau pedomannya.

“Seiring berjalannya waktu teman-teman akan memahami sendiri, karena teman-teman ketika membuat proposal kan perlu melihat petunjuk teknisnya, nah petunjuk teknisnya itu sudah tersampaikan teman-teman, bagaimana format dan penulisan proposal PKM secara administrasi yang baik dan benar. Saya harap nanti teman-teman mempelajari lebih lanjut,” ucapnya.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa