FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmadika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Grand Opening PKM Training yang bertema “The Youth of Math, Join Us, and Let’s Practice”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (2/7/2022).

Acara yang dipandu oleh Nesthi Wahyuningsih ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber tersebut adalah Iksan Riva Nanda selaku Mahasiswa Berprestasi FKIP UNS 2022 dan Bisri Musa Azhari selaku mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika angkatan 2017.

Dalam pemaparannya, Iksan Riva Nanda menyampaikan tentang materi umum Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Training. Ia menjelaskan pengertian PKM menurut buku pedoman dan pengertian PKM versinya yang berdasar pengalamannya, bahwa PKM adalah akselerasi prestasi dengan harmonisasi dan gengsi.

“PKM adalah salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang dikeluarkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa dengan tujuannya sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Kira-kira seperti itu menurut buku pedoman. Tetapi ada definisi lain menurut saya, ini mungkin muncul dan lahir berdasarkan pengalaman saya. Jadi PKM ini adalah akselerasi prestasi dengan harmonisasi dan gengsi,” paparnya.

Ia menjelaskan bahwa akselerasi yakni perluasan ide, pembuatan proposal dengan membutuhkan skenario, dibuat sederhana bermanfaat atau tidak, waktu dan ketekunan, dan jika tidak lolos pendanaan maka bisa ikut lomba sesuai format. Prestasi yakni merealisasikan tujuan dan luaran proposal ketika lolos pendanaan, seperti laporan kemajuan, laporan akhir, dan produk khusus. Dari luaran PKM ini bisa mendapat HKI, artikel ilmiah, poster, bahan data penelitian yang bisa dilombakan, atau rekognisi skripsi. Harmonisasi artinya mendapat softskill, seperti berpikir kreatif, berpikir kritis, high order thinking skill, hingga hardskill, seperti coding, program, dan website. Gengsi artinya PKM itu acara Kemendikbudristek paling bergengsi yang diikuti oleh universitas di Indonesia.

Selanjutnya Iksan menjelaskan mengenai jenis-jenis PKM, alur pelaksanaan PKM, kriteria pengusul, sistematika proposal, penilaian proposal dan penetapan pendanaan,pembuatan proposal, persiapan penyusunan proposal, dan cara menggali ide.

Narasumber kedua yakni Bisri Musa Azhari dengan materi tentang motivasi ikut PKM. Dalam sesi kedua ini Bisri menceritakan mengenai perjalanannya mendapatkan pendanaan PKM-PM tahun 2021 dengan judul “Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR: Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak Usia SD di Desa Jeron”.

Selanjutnya, Bisri juga menceritakan mengenai alasan mengapa mahasiswa harus mengikuti PKM, yang menurutnya berdasarkan pada dua pertanyaan, yaitu kenapa harus mencari ide dan kenapa harus menuliskannya, sehingga ide-ide tersebut tidak hanya menjadi angan atau wacana saja, melainkan diimplementasikan melalui program PKM.

Di akhir pemaparan, Bisri memberikan sedikit motivasi kepada peserta Grand Opening PKM Training.

“Jika lulusan terbaik dapat ditemukan oleh lulusan yang memiliki pengalaman lebih banyak, maka lulusan terbaik yang memiliki banyak pengalaman akan sulit untuk dihadapi,” katanya.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa