FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Kesenian Daerah (UPKD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Lomba Tari Klasik Gambyong Pareanom pada Kamis (21/7/2022). Lomba ini dilaksanakan secara luring di Pendhapa R. Ng. Yasadipura Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi UNS. Lomba ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Pekan Budaya 2022.

Pekan budaya adalah salah satu program kerja tahunan dengan mengusung tema sesuai peminatan yang ada di UPKD yaitu seni peran, karawitan, dan tari. Pelaksanaan pekan budaya tahun ini mengusung tema “Tari”.Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan melestarikan budaya daerah. Hal ini disampaikan oleh Arzon Jauris Saputro selaku ketua panitia.

“Tujuan utama melestarikan kebudayaan daerah, khususnya tari Jawa. Lebih dari itu, dengan diadakannya lomba tari klasik bisa menggali potensi dari para peserta karena peserta yang ikut berasal yaitu siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan kelompok-kelompok pegiat seni tari,” jelas Arzon pada Rabu (27/7/2022).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini yakni siswa SMA/SMK se-Karesidenan Surakarta dan mahasiswa atau umum.

Pada lomba ini yaitu Darmasti, S.Kar., M.Hum., selaku Dosen Program Studi (Prodi) Seni Tari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Dorothea Quin Haryati, S.Sn. dari Sanggar Moncar Iswara dan Lukman Affandi, S.Pd., selaku alumnus UPKD.

Pemenang kategori mahasiswa/umum yaitu Semarak Candra Kirana, Badan Koordinasi Kesenian Tradisional (BKKT) UNS, dan Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS) UGM. Sementara kategori siswa SMA/K yaitu SMAN 3 Surakarta, SMAN 1 Kartasura, dan SMAN 1 Karanganyar.

Arzon menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti perlombaan ini sangat antusias.

“Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, dilihat dari banyaknya minat peserta yang mendaftar,” jelas Arzon.

Di akhir, Arzon menyampaikan harapan atas terselenggaranya perlombaan ini.

“Acara ini bisa menjadi wahana pengenalan UPKD. Di mana UPKD merupakan UKM di bidang kesenian. Dengan acara ini juga, saya berharap agar seterusnya seluruh peserta bisa melestarikan kesenian daerah,” pungkas Arzon.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa