FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Shahabiyah series 1 secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat (22/7/2022).

Kegiatan ini mengusung tema “The Best of Women: Khadijah bint Khuwaylid Radhiyallahu’anha” dengan pembicara Ustazah Asri Istiqomah selaku trainer motivasi dan penulis novel Saranghaja! Let’s Love!.

Di awal pemaparan, Ustazah Asri menyampaikan mengenai profil Khadijah Al Kubro.

“Nasab beliau yaitu Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay al-Quraisyiah al-Asadiyah. Beliau dari suku Quraisy, sama seperti Nabi Muhammad SAW,” papar Ustazah Asri.

Ustazah Asri juga menjelaskan bahwa sebelum bersama Rasulullah, Khadijah merupakan seorang pedagang kaya yang bekerja sama dengan kaum laki-laki dalam bisnis ekspor impor di luar Mekah dan memiliki karakter sebagai wanita yang cantik, kaya, serta berakhlak mulia sehingga beliau popular di kalangan lelaki Mekah. Kemudian, dijelaskan juga perjalanan Khadijah menikah dengan Rasulullah.

Berikutnya, Ustazah Asri memaparkan keutamaan Khadijah.
“Satu, Khadijah merupakan orang pertama yang mengimani Nabi. Dua, selama hidup dengan Nabi, mempunyai 6 anak yang kelak keturunan Nabi sampai akhir zaman melalui nasab Khadijah. Tiga, rela mengorbankan semua harta untuk kepentingan dakwah Nabi. Empat, wanita yang kuat, mapan, terhormat, tapi taat luar biasa kepada suaminya. Lima, istri yang paling dicintai Nabi,” papar Ustazah Asri.

Selanjutnya, Ustazah Asri menyampaikan karakter Khadijah yang harus diteladani, di antaranya kuat, mandiri, independen, cerdas, menjaga kehormatan, taat kepada Allah dan Rasulullah, taat dan sangat mendukung suami, dan ibu yang bertanggung jawab dalam mendidik anak.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan closing statement dari pembicara.

“Perempuan itu perlu mandiri. Perlu terhormat, maka dijaga kehormatan kita. Di sisi lain, kita harus taat kepada Allah dan Rasul-Nya,” pungkas Ustazah Asri.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa