FKIP – Pusat Prestasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan Keluarga Mahasiswa Berprestasi (Kamapres) FKIP UNS menyelenggarakan webinar Kelas Prestasi 4 melalui Zoom Meeting pada Sabtu (6/8/2022).

Webinar dibuka dengan sambutan oleh Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd., selaku Ketua Unit Kemahasiswaan FKIP UNS. Dalam sambutannya, Dr. Septi menyampaikan bahwa fakultas sangat mendukung kegiatan prestatif mahasiswa.

“Dari prestasi, kita bisa mendapat hadiah. Bukan nominal yang dilihat, tetapi pengalaman dan sertifikat yang bermanfaat bagi kita. Selain itu, kita juga mendapat penghargaan, tidak hanya dari pihak penyelenggara, tetapi juga dari universitas. Kemudian, prestasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi. Prof. Slamet dan pimpinan fakultas sangat mendukung kegiatan-kegiatan prestatif dan sangat mendukung agar mahasiswa terus semangat berprestasi,” tutur Dr. Septi.

Webinar kali ini mengusung tema “Diskusi Prestasi Penulisan Karya Ilmiah”. Narasumber yang dihadirkan pada webinar ini yakni Dji Hanafit selaku Mawapres 2 FKIP UNS 2021. Di awal pemaparan, Dji menyampaikan alasan perlu menulis.

“Kalau kita punya gagasan, punya ide, tapi kalau tidak dituliskan ujung-ujungnya akan lupa. Dengan menulis, kita bisa mengasah soft skill. Selain itu, dengan menulis kita bisa jalan-jalan yaitu ketika kita mengikuti suatu kompetisi,” papar Dji.

Menurut Dji, menulis tidak terasa sulit apabila melakukannya dengan rasa senang, ulet, latihan, istiqomah, dan tekun. Berikutnya, Dji menjelaskan definisi karya tulis ilmiah. Menurutnya, karya tulis ilmiah merupakan karangan yang menyajikan fakta dan disusun secara baik dan benar.

“Karya tulis ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis dengan metodologi penulisan yang baik dan benar,” papar Dji.

Tujuan karya tulis ilmiah dijelaskan oleh Dji dengan 5M, yakni memecahkan masalah yang diteliti, menambah pengetahuan sesuai permasalahan yang dibahas, melatih agar dapat menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar, melatih kemampuan berpikir, dan mencapai tujuan tertentu.

Dji mengategorikan jenis karya tulis ilmiah meliputi artikel, makalah, kertas kerja, skripsi, tesis, paper, dan disertasi.

Berikutnya, Dji menyampaikan bagian-bagian karya tulis ilmiah yang terdiri dari judul, pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka, serta menjelaskan secara rinci masing-masing bagian.

Pemaparan dari Dji, diakhiri dengan pesannya untuk terus berjuang.

“Berjuanglah selagi kita masih ada peluang, karena kita dilahirkan sebagai pejuang yang kemudian ditakdirkan sebagai pemenang,” pungkas Dji.

HUMAS FKIP

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa