HUMAS FKIP – Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan Muslim Entrepreneurship Seminar 2022 pada Sabtu (24/9/2022). Mengusung tema “Digital Marketing for Star-Ups by Instilling Islamic Values”, seminar digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Seminar diawali dengan sambutan oleh Ketua Umum SKI FKIP UNS, Andika Satria Yoga Suharno. Dalam sambutannya, ia berharap kegiatan ini memberikan pemahaman kewirausahaan dengan penerapan nilai keislaman kepada para peserta.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai dunia kewirausahaan kepada kita. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini kita paham bagaimana cara berwirausaha dengan menerapkan prinsip-prinsip Islam sebagaimana yang dicontohkan oleh Utsman bin Affan yang menjadi wirausahawan terkaya namun tetap menjunjung tinggi nilai islam,” harap Andika.

Dimoderatori oleh Ferri Tri Anggoro selaku Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmu Alquran (IQ) UNS, kegiatan ini menghadirkan seorang narasumber. Narasumber tersebut adalah Akhi Rahman. Ia merupakan seorang kreator digital dan Chief Executive Officer (CEO) @marketingkankebaikan. Ia memulai pemaparannya, ia menjelaskan mengenai pentingnya kolaborasi di dunia kewirausahaan.

“Menjadi digital marketer saja itu tidak cukup, namun juga harus menjadi digital creator. Mengapa ini penting? Karena pada saat ini pergeseran di dunia digital marketing itu sangat cepat. Ada beberapa hal yang harus kita sesuaikan, salah satunya adalah menjalin kerja sama dengan digital creator lainnya karena mereka sudah memiliki nama dan komunitas. Itulah yang nanti akan membantu usaha kita untuk bertumbuh,” jelas Akhi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan mengenai kondisi bisnis di era pandemi, statistik penggunaan media sosial di Indonesia, definisi digital marketing, jenis digital marketing, kunci digital marketing, cara membuat konten yang menarik, hingga cara merancang lead magnet. Menurutnya, ada tiga yang harus diperhatikan untuk membuat konten yang menarik.

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten, yaitu personal branding, knowledge and awareness, serta interaction and action. Personal branding ini meliputi nilai, kekuatan dan keunikan, prestasi, dan promosi diri. Knowledge and awareness dengan membuat konten yang mengandung unsur benefit, fitur, dan manfaat. Sedangkan, interaction and action dilakukan dengan memperkuat engagement dan mengajak audience untuk melakukan aksi,” jelas Akhi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan dokumentasi bersama.

Reporter: Rosantika Utami
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#unsbisa