HUMAS FKIP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Kajian Islam Rutin (KAISAR) 3 dengan tema “Berharap Kepada Manusia, Seni Sederhana untuk Menderita” secara daring melalui Zoom Meeting dan siaran langsung di kanal Youtube SKI FKIP UNS pada Minggu (25/9/2022).

Kajian ini menghadirkan narasumber Gus Mustain Nasoha selaku pembina Majelis Raudlatul Muhibbin Solo. Dalam pemaparannya, Gus Mustain menyampaikan bahwa sebagai manusia seharusnya hanya butuh kepada Sang Pencipta.

“Dalam surat An-Nisa ayat 122, ada kalimat yang menunjukkan bahwa kita harus selalu butuh hanya kepada Allah. Kedua, kalian tidak akan pernah menjadi orang yang mampu hanya butuh kepada Allah kalau njenengan itu hidupnya hanya sendirian saja. Jadi, harus bersama-sama,” jelasnya.

Gus Mustain menegaskan bahwa seseorang ingin menjadi pribadi yang hanya butuh kepada Allah maka kenali atau dekati seseorang yang hanya butuh kepada Allah juga.

Berikutnya, Gus Mustain menjelaskan Muhaddis Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani.

“Pertama, taufik untuk bisa melakukan suatu amal ibadah merupakan bentuk rahmat dari Allah yang sudah diberikan sejak sebelum seorang hamba melakukan ibadah. Kedua, seorang hamba berhak mendapat rahmat apabila ia sudah melakukan ketaatan. Ketiga, inti masuk surga adalah murni rahmat dari Allah, tetapi nikmat di dalamnya akan berbeda sesuai kadar amal yang dimiliki seseorang,” jelasnya.

Gus Mustain menyampaikan jika seseorang beribadah kemudian mendapat kemudahan maka hal tersebut merupakan bentuk kemurahan Allah.

“Kalau kita beribadah lalu kita mendapatkan kemudahan dalam semua urusan. Kita berdoa kemudian diijabah oleh Allah, itu merupakan kemurahan Allah. Namun, tujuan kita tetap mencari rida Allah,” jelasnya.

Selanjutnya, Gus Mustain meluruskan pemahaman terkait niat belajar ilmu.

“Kalau kita mencari ilmu karena ingin dimuliakan, dihormati, maka itu merupakan niat mencari ilmu selain karena Allah. Berarti itu butuh kepada selain Allah SWT. Jika meniatkan mencari ilmu selain karena Allah, maka kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu minta,” tuturnya.

Di akhir, Gus Mustain menegaskan bahwa sebagai seorang hamba, hendaknya melakukan segala hal hanya demi Allah.

“Mari kita semuanya minta hanya kepada Allah karena Allah adalah Dzat yang Mahaagung. Kita harus melakukan segala hal hanya demi Allah,” pungkas Gus Mustain.

Reporter: Dwinanda Wuri Harsanti
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa