FKIP – Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMADIKPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pelatihan desain grafis dengan tema “Berawal Dari Dasar, Wujudkan Estetika Komunikasi Visual”. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube HIMADIKPA FKIP UNS pada Minggu (23/10/2022).

Pelatihan ini menghadirkan Muttaqin Hidayatullah selaku founder dari @creativsigner sebagai pembicara dan dimoderatori oleh Khoirul Nur Adhi. Pada pelatihan ini Muttaqin membahas pentingnya mempelajari dan mengerti kemampuan desain di era digital, mengenal seputar dunia desain grafis dan pondasi-pondasinya, memahami seputar warna dan typografi beserta penerapannya, mengenal dunia carousel, dan tips membuatnya yang baik.

Menurut Muttaqin selain dapat dipelajari oleh semua orang, terdapat empat alasan pentingnya mempelajari kemampuan desain grafis. Adapun, empat alasan tersebut adalah desain grafis adalah kemampuan yang dibutuhkan hampir setiap orang di era digital seperti sekarang, desain grafis adalah tempat mengamas peran, ide, dan kreativitas secara menarik di era digital, desain grafis adalah gerbang utama yang menarik minat orang lain di era digital, dan desain grafis adalah sarana jembatan komunikasi ke orang lain tanpa harus berbicara langsung.

“Skill desain ini bisa dipelajari oleh semua orang, hardskill yang bisa dipelajari. Desain grafis ini juga salah satu yang mendongkrak ketertarikan orang-orang buat ngelirik konten-konten kita ataupun informasi-informasi yang kita kemas di sosial media nantinya,” ungkapnya.

Muttaqin menjelaskan bahwa desain grafis bukanlah hanya sebuah logo, poster, atau banner saja, melainkan seni komunikasi menggunakan teknik kombinasi visual seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi untuk menyampaikan suatu peran atau tujuan tertentu. Sehingga terdapat banyak cabang dalam desain grafis, yaitu visual identity, periklanan, sosial media, publikasi, website, UI design, packaging, dan presentasi.

Selanjutnya Muttaqin membeberkan empat kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam membuat desain, yaitu terlalu banyak memasukkan ornamen dalam desain, terlalu menggunakan banyak font dalam desain, pemilihan warna atau font yang bertabrakan (kurang kontras), dan tidak memberikan ruang kosong dalam desain. Selain itu ia juga menjelaskan langkah sederhana dalam membuat desain yang menarik, seperti pahami informasi pesan dalam desain dan ketahui siapa targetnya, terapkan pondasi-pondasi dalam desain supaya hasilnya lebih maksimal, pahami kepribadian warna dan tipografi, kemudian perhatikan penerapannya, dan sesuaikan elemen desain mulai dari warna, font, gambar, dan ornamen pendukung dengan pesan dan target desainnya.

Sebelum dilanjutkan dengan demonstrasi membuat desain carousel di aplikasi Canva, Muttaqin menjelaskan terkait delapan hal yang harus diperhatikan saat desain carousel, yakni tentukan pembahasan carousel, siapin poin-poin yang akan dimasukkan, gunakan judul yang bikin orang kepo, sederhana dan simpel, perhatikan tata letak ornamennya, gunakan font dan warna yang mudah dibaca dan dilihat, tambahkan gambar dalam setiap poin informasi, serta tambahkan call to action.

“Di akhir kita bikin kata-kata yang berkesinambungan juga dengan konten yang kita bahas supaya di situ nanti bakalan terjadi interaksi, kan percuma kita bikin konten tidak ada interaksinya, makanya di slide terakhir itu biasanya kata-kata yang berkesinambungan dengan konten,” jelasnya.

HUMAS FKIP

Reporter: Muhammad Muzaqqi
Editor: Zalfaa Azalia Pursita

https://fkip.uns.ac.id/
https://www.instagram.com/fkipuns.official/

#fkipuns
#fkipbagus
#uns
#universitassebelasmaret
#unsbisa